21 May 2015

Sekilas Cagar Budaya Bandung #1

Sebelum KAA April 2015 kemarin, saya berkesempatan untuk keliling bandung (dan dibayar! horeee!) Kali ini, yang saya lihat adalah bangunan cagar budaya yang ada di Bandung. Dari dulu saya selalu penasaran seperti apa bangunan-bangunan ini sekarang. Akhirnya, saya membuat daftar bangunan yang akan saya kunjungi. Data paling terbaru yang bisa saya temukan dari internet adalah dari Peraturan Daerah Kota Bandung nomor 18 tahun 2011. Dalam daftar tersebut ada 100 nama bangunan yang tergolong cagar budaya.

Daerah yang paling banyak bangunan cagar budayanya ya sudah jelas pasti di sekitaran daerah Asia Afrika dan bisa dinikmati dengan berjalan kaki mulai dari Alun-alun sampai ke Balaikota. Butuh kurang lebih 3 jam berjalan, tapi akan lebih lama lagi kalau harus pose di setiap depan bangunan :p Bahasnya enaknya per apa ya? Ngikutin daftar perda aja ya? Oiya, karena saya datangnya sebelum KAA, jadi mohon dimaklumi kalau foto sekitar bangunan belum seindah sekarang. Nanti kalau sempat, saya ganti dengan gambar terbaru. Oiya, karena judulnya sekilas, maka informasinya pun sekilas juga :p


#001 BMC (Bandoengsche Melk Centrale) 
Jalan Aceh No. 30

Bangunan masih berfungsi dan digunakan sebagai restoran. Susu murni coklat dan stroberinya enak tapi makanannya biasa aja. Loh, kok malah bahas makanannya? :))

Bandoengsche Melk Centrale


#002 Gedung Dinas Pemuda dan Olahraga (ex.KONI) 
Jalan Aceh No. 47-49

Saya dulu sering banget lewat bangunan ini, tapi gak pernah nyangka kalau ternyata dia masuk dalam bangunan cagar budaya. Setelah dilihat-lihat, bangunannya memang sudah terlihat berumur. Tapi apa yang membuatnya spesial? Ada yang tahu?

Dinas Pemuda dan Olahraga (ex KONI)
saya suka bangunan sampingnya :)

#003 Gedung Pensil (Danareksa)
Jalan Ahmad Yani / Gatot Subroto No.1

Gedung Pensil ini masih berdiri dan utuh seperti jaman dahulu...yah setidaknya masih sama kaya pas jaman SMP saya dulu. Saya paling suka dengan bentuk atap kerucutnya :D Oiya, waktu saya foto bangunan ini, tempat bekas monumen dasa sila bandungnya sudah dipindah.

Gedung Pensil (Danareksa)

#004 Kantor Pos Besar
Jalan Asia Afrika No. 49

Pertama kalinya saya berkunjung ke sini adalah waktu jaman SMP untuk membeli perangko buat koleksi. Penampilan bangunan masih keren kok :D

Kantor Pos Besar

interior kantor pos yang saya foto dari luar :D

#005 Gedung PLN
Jalan Asia Afrika No. 63

Tahun 2011, saya pernah ikut berjalan-jalan bersama-sama komunitas Aleut, kalau tidak salah di dalam gedung PLN ini ada sumber mata air Kota Bandung. Waktu itu saya masuknya dari area Belakang, jadi saya cuma tahu kalau yang warna hijau itu Gedung PLN. Tapiiiii... ternyata muka bangunan depannya beda banget dan ada plakat cagar budaya di temboknya. Plakat ini ternyata gak tertempel di semua cagar budaya yang saya datangi.

plakat cagar budaya Gedung PLN

saya suka muka samping gedung ini :)

Gedung PLN

#006 Gedung Merdeka & Museum KAA
Jalan Asia Afrika No. 65

Gedung ini yang paling rame dijadikan latar belakang foto sewaktu KAA kemarin. Sayangnya, saya datang ke sini waktu KAAnya belum mulai, jadinya masih berantakan :p Dari semua bangunan di ruas Asia Afrika ini, gedung ini yang paling megah dan terawat. Yaiyalah, saksi sejarah gitu :D

Museum KAA

Gedung Merdeka

#007 Hotel Prama Grand Preanger
Jalan Asia Afrika No. 81

Bangunan ini juga masih bagus karena masih aktif beroperasi. Harga menginapnya juga tidak semahal hotel lainnya dan cocok buat yang suka makan karena paket sarapannya berlimpah (kok malah ngomongin makanan lagi sih)

Hotel Prama Grand Preanger

#008 Kompleks OCBC (Ex. Wisma Suka)
Jalan Asia Afrika No. 104 - 106 - 108 - 110

Bangunan ini dulu dikenal dengan nama De Vries yang merupakan pusat toserba di Bandung. Tahun 2011, ketika bangunan ini sedang direnovasi, saya minta izin tukangnya masuk ke dalam untuk melihat-lihat. Ternyata isinya besar juga dan ada basement yang masih terlihat motif tembok lama bangunan ini. Saya senang sekali sewaktu bangunan ini akhirnya direnovasi oleh OCBC, bangunannya jadi hidup lagi. Terima Kasih OCBC (kok kesannya kayak ke klinik tong fang)

Kompleks OCBC

menaranya bikin cantik :)

saya juga suka bangunan di samping OCBC ini, masih satu fungsi ya?

#009 Hotel Savoy Homann
Jalan Asia Afrika No.112

Hotel ini juga masih bagus banget penampilannya, lengkungnya itu yang bikin banyak orang jatuh cinta :D Oiya, kadang suka ada delman yang menunggu di depan hotelnya, sekarang masih ada gak ya? Es jeruk yang suka jualan malam-malam di depan hotel ini juga enak, cuma harganya menurut saya kemahalan, kalau mau versi murahnya beli aja di kios Sinar Garut yang ada di ujung kompleks Gelap Nyawang ITB. Wah, harusnya Sinar Garut bayar saya nih karena udah dipromosiin di blog ;p

Hotel Savoy Homann

gak pernah bosen lihat muka bangunan ini :D

duh, cantik banget :)

# 010 Gedung Keuangan Negara 
Jalan Asia Afrika No. 114

Menurut saya, gedung ini sekarang gak spesial lagi karena muka bangunan aslinya sudah ditutup penuh :( Gedung ini jadi gak ada bedanya dengan gedung kantor jaman sekarang. Sebenarnya kalau sudah menjadi cagar budaya memang boleh ya mengganti total muka bangunan?

Gedung Keuangan Negara 

muka aslinya adalah bangunan dengan pola silang,
kelihatan kan dari jendela biru itu?

#011 New Majestic
Jalan Braga No. 1

Sudah pernah ke dalam bangunan ini setelah direnovasi? Baguuusss! Cocok buat menonton drama atau konser musik :)

New Majestic

Ada plakat cagar budaya di samping bangunan

pojok bangunan yang saya suka :)

#012 Kimia Farma ( Apotik )
Jalan Braga No. 2 - 4 - 6

Perasaan saya sih dulu luas apotiknya seluas bangunan ini, tapi ternyata saat saya mengambil foto apotiknya tinggal bersisa di sisi belakang. Bangunan depannya sekarang menjadi kosong, ketika KAA kemarin apa bangunannya tetap kosong?

Kimia Farma ( Apotik )

bagian depan bangunan yang kosong

fungsi apotik dipindah ke area belakang

# 013 Nasi Cengek (Ex. Aubon Marche)
Jalan Braga No. 5

Sebenarnya bangunan ini ditulis sebagai kimia farma di perda, tapi ketika saya googling nama gedung ini ternyata gambarnya mengarah kepada bangunan yang berada di sebelah New Majestic. Saat ini bangunan berfungsi menjadi rumah makan. Ketika saya masuk ke dalam ternyata ruangannya besar juga, tapi saya gak menemukan tangga ke lantai atas, disembunyikan dimana ya? :D

Gedung Ex. Aubon Marche


yang menarik dari bangunan ini menurut saya adalah balkonnya :)

#014 Bank BJB (Ex. Dennis)
Jalan Braga No. 12

Bentuk bangunannya agak mirip dengan Savoy Homann, tapi saya suka sebel sama tiang listrik di Braga soalnya ganggu pemandangan banget. Oiya, waktu saya foto, signage di depan hotel masih belum beres.

Bank BJB (Ex. Dennis)

#015 Yonk's Perfume (Ex. Dekranas Jabar)
Jalan Braga No. 15 - 17

Sebenarnya saya gak tahu sih bangunan Dekranas Jabar itu yang mana, tapi kalau lihat alamatnya sepertinya bangunan di bawah inilah yang dimaksud. Terlihat agak kumuh :(

Yonk's Perfume (Ex. Dekranas Jabar)

#016 LKBN Antara
Jalan Braga No. 25

Kharisma bangunan pojok memang tinggi ya? Saya sampai sekarang masih senang melihat bangunan ini walaupun ada penghalang kabel listrik :p

LKBN Antara

LKBN Antara versi agak mundur sedikit :p

#017 Gedung Gas Negara 
Jalan Braga No. 38

Saya gak pernah jodoh nih sama interior bangunan ini, pasti aja ada halangan. Bentuk jendela besar di muka bangunan membuat banyak orang yang ingin berfoto di depan bangunan ini. 

Gedung Gas Negara 

#018 Bank Indonesia
Jalan Braga No.138

Seumur hidup saya cuma sekali masuk ke sini, itu juga bukan dalam rangka tur melihat bangunan tapi karena sedang nuker recehan :p 


Bank Indonesia

sisi depan Bank Indonesia

#019 BJB Syariah (Ex. Insulinde)
Jalan Braga No.135

Sebelum akhirnya direnovasi oleh Bank BJB syariah, warna jendela bangunan ini sempat dicat warna-warni. Ada yang punya fotonya?

Bank BJB Syariah

tampak dari seberang jalan

#020 Kelenteng Cibadak
Jalan Cibadak No. 221 & 281

Saya agak heran kenapa kelenteng ini tidak bernomor di dalam perda, apa karena bikinnya buru-buru? :p Agak aneh juga karena kedua kelenteng ini digabung ke dalam satu nomor. Oiya, saya belum pernah masuk sama sekali nih ke dalam kedua kelenteng ini. Ada yang pernah masuk?

Kelenteng Cibadak 221

detail pagar depan kelenteng

Kelenteng Setya Buddhi 

detail tembok depan kelenteng

#021 Sekolah Luar Biasa Cicendo
Jalan Cicendo No.2

Saya sebenarnya baru tahu kalau bangunan ini masuk ke dalam daftar cagar budaya. Selama ini saya kira hanya SLB biasa. Saya hanya sempat memfoto dari luar karena sedang libur. Ciri khas bangunannya mirip ITB karena dimana-mana pakai material batu kali.

Sekolah Luar Biasa Cicendo

batu bertuliskan bahasa belanda ini ada di bagian depan bangunan

taman dalam sekolah yang saya foto dari luar pagar 

lorong sekolah

#022 Rumah Toko Cicendo
Jalan Cicendo No. 12

Oke, ini adalah daftar yang agak aneh. Di dalam perda ditulis bahwa bangunan dengan alamat Jalan Cicendo No.12 termasuk dalam cagar budaya, ketika saya sampai di depan bangunannya.... JENG! ternyata bangunan ruko modern 2 lantai! Di mana letak sejarahnya? :))) Tapi sepertinya sih perda salah tulis nomor kali ya? Soalnya ada bangunan di sebelah ruko tersebut yang tampaknya cukup 'kuno' dan sekarang berfungsi jadi kantor marketing sebuah perusahaan mobil. Apa jangan-jangan memang bangunan ini ya yang termasuk cagar budaya?

Rumah Toko Cicendo

Saya curiga jangan-jangan bangunan ini yang sebenarnya termasuk cagar budaya


fungsi bangunan saat ini sebagai kantor marketing

#023 Pabrik Kina
Jalan Cicendo / Pajajaran No. 25

Seumur-umur saya tinggal di Bandung belum pernah sama sekali masuk ke bangunan ini. Sebenarnya sekarang fungsinya sebagai apa sih? Apa masih beroperasi?

Pabrik Kina

tampak samping Pabrik Kina

plakat cagar budaya milik Pabrik Kina

#024 Pusat Koperasi Karyawan PTPN VIII
Jalan Cikapundung Barat No. 1

Saya sebenarnya agak ragu, ini bangunan yang dimaksud bukan ya? Namanya sih sama PTPN, tapi nomor di bangunan ini XII, bukan VIII. Sepertinya bangunan ini kosong dan hanya terlihat apotik yang beroperasi di bagian samping belakang. 


Pusat Koperasi Karyawan PTPN 

apotik di bagian belakang gedung

#025 Pendopo Walikota
Jalan Dalem Kaum No. 1


Setahu saya, pendopo ini tidak bisa diakses untuk umum kalau tidak punya surat izin khusus. Untungnya, saya pernah masuk ke dalam di tahun 2011 bersama Komunitas Aleut. Saya hanya diizinkan mengambil gambar dari pintu pagar saja.

Pendopo Walikota

Gerbang Pendopo Walikota
saya suka dengan motif pagar pendoponya :D

#026 Bioskop Dian
Jalan Dalem Kaum No.58

Nomornya kok bisa beda jauh ya dengan nomor pendopo padahal bangunannya persis bersebelahan :p Walau tampak luarnya masih terlihat bagus, kondisi dalamnya cukup mengkhawatirkan. Padahal ok juga kalau tetap dijadikan sebagai bangunan bioskop. Dulu kenapa ya bioskop ini akhirnya tutup? apa karena ada palaguna? Oiya, di gang samping bangunan ini ada baso linggarjati yang enak, tapi konon menurut teman saya tidak halal. 

Bioskop Dian

sebenarnya ukiran di muka bangunan ini ada ceritanya gak sih?

#027 SD Merdeka 5
Jalan Merdeka No. 9

Salah satu SD favorit di Bandung. Saya hanya melihat dari luar saja. Sepertinya bangunan depan SD ini yang tergolong bangunan cagar budaya.

SD Merdeka 5

#028 Gereja Katredal
Jalan Merdeka No. 14

Gereja ini termasuk objek foto favorit ketika saya masih kuliah dulu. Ujung menara lancipnya membuat bangunan ini terlihat langsing. Bangunan di samping gereja ini juga mempunyai muka bangunan yang menarik.

Gereja Katredal

gerbang masuk halaman gereja

bangunan di samping gereja

#029 Polrestabes Bandung
Jalan Merdeka No. 16 - 18 - 20

Bangunan polrestabes memang cukup besar tapi sulit difoto karena terhalang pagar di depannya. Saya pernah sekali masuk ke bagian bangunan samping untuk membuat surat kehilangan ijazah, gratis! *halah*

Polrestabes Bandung

bangunan berbentuk simetris dan cukup panjang

#030 Santa Angela
Jalan Merdeka No.24

Saya hanya bisa mengambil foto dari luar setelah minta izin pak satpam. Saya gak punya info apa-apa lagi sih tentang Santa Angela ini selain sebagai sekolah.

Santa Angela

#031 Yayasan Pusat Kebudayaan (YPK)
Jalan Naripan No. 7 -9

Salah satu bangunan yang pernah menjadi tugas ketika saya kuliah. Bangunan ini cukup luas dan biasa dipakai berbagai kegiatan kebudayaan. Yang mengganggu paling hanya serabutan kabel listrik yang ada di depan bangunan ini.

Yayasan Pusat Kebudayaan (YPK)

#032 Rumah Toko Jalan Naripan
Jalan Naripan 137 -145

Saya baru tahu kalau deretan ruko di ujung Jalan Naripan ini termasuk cagar budaya. Bangunannya memang bangunan lama, tapi sepertinya tidak terlihat ada perawatan khusus. Bangunan ini terdiri dari lima rumah bertingkat yang dijadikan satu massa. Saya agak curiga bahwa pemilik bangunan sepertinya tidak tahu tentang status cagar budaya bangunannya. Plakat cagar budaya pun tidak terlihat di dinding bangunan ini.


Rumah Toko Jalan Naripan

batas bangunan sampai yang dicat dengan warna abu-abu

bagian pinggir bangunan yang menempel ke gang kecil

#033 Gedung Pakuan
Jalan Otto Iskandardinata No. 1

Sama seperti gedung kenegaraan lainnya, status bangunan ini hanya sebatas dipandangi dari luar saja. Padahal saya penasaran sekali sama isi dalamnya, apalagi kalau melihat detail jendela besarnya yang keren itu. Ada yang tahu bagaimana cara masuk ke dalam bangunan ini selain harus jadi istri gubernur?

Gedung Pakuan

Bagus kan jendela lengkungnya? :D

#034 Balai Besar PT. Kereta Api 
Jalan Perintis Kemerdekaan No. 1

Nah, ini dia! Setiap hari lewat di depan bangunan ini tapi gak pernah sekalipun merhatiin bangunannya, ternyata kookkk baguuuusss! Saya gak diperbolehkan untuk mengambil foto karena tidak punya surat izin, akhirnya setelah sedikit memelas saya diperbolehkan mengambil foto dari luar pagar. Saya juga sempat jalan-jalan di kompleks kantor ini. Detail bangunannya menarik semua, bahkan ada jendela yang dibuat mirip dengan jendela gerbong kereta :D Kompleks kantor ini juga memiliki museum bawah tanah yang hanya bisa dimasuki dengan surat izin. Sudah pernah ada yang masuk?

Balai Besar PT Kereta Api

#035 Gedung Indonesia Menggugat
Jalan Perintis Kemerdekaan No. 5

Saya paling suka dengan halaman gedung ini. Enak sekali apalagi sambil duduk-duduk di bawah pohon sambil memandang bangunan cantik ini. Oiya, jangan lupa buat menengok ruang pengadilannya!

Gedung Indonesia Menggugat

#036 Gudang Persediaan Cikudapateuh 
Jalan Sukabumi No.20

Ini juga termasuk harta karun bandung! Kalau lihat dari arah jalan sukabumi, yang terlihat hanya rumah bergaya kolonial dengan jalan masuk kecil. Nah, begitu masuk ke dalamnya, akan terlihat lapangan yang luas dengan banyak bangunan gudang. Di ujung gudang akan terlihat satu ruangan terbuka beratap besi tanpa tembok. Pokoknya cocok deh buat bikin acara seperti bazaar (dulu Keuken Bandung pernah ngadain acara di sini) Oiya, sayangnya tidak diizinkan untuk mengambil foto saat saya ke sana.

Gudang Persediaan Cikudapateuh

bangunan di samping pintu masuk gudang

#037 Kantor Stasiun Kereta Api
Jalan Stasiun

Sebenarnya saya bingung nih, kantor stasiun kereta api itu yang mana ya? Saya akhirnya datang ke stasiun baru (yang di jalan kebon jukut) dan mencoba bertanya ke sana. Awalnya saya kira bangunan yg dimaksud adalah bangunan kecil di samping stasiun tapi ternyata itu hanya ruang rapat biasa. Mungkin maksudnya bangunan stasiun ini ya?

Stasiun Kereta Api Baru

#038 Stasiun Kereta Api
Jalan Stasiun Selatan No. 25

Nah, kalau bangunan stasiun lama sudah jelas pasti masuk daftar cagar budaya. Di depan stasiun sudah tertempel plakat dari pemkot Bandung. Saya dulu suka sekali melihat lokomotif yang ada di depan stasiun ini, sekarang pun masih ada :D

Stasiun Kereta Api Lama

lokomotif di depan stasiun

#039 Puskesmas Tamblong
Jalan Tamblong No.66

Waktu baca nama puskesmas tamblong di daftar cagar budaya, saya langsung berusaha mengingat, memangnya ada bangunan puskesmas di Jalan Tamblong? Setelah dicari, Ooaallaahhh ternyata bangunan ini letaknya di seberang Regent. Saya baru sadar bentuk bangunan sudutnya karena selama ini tertutup pohon di depannya.

Puskesmas Tamblong
ciri khas bangunan puskesmas tamblong

#040 Gereja Bethel
Jalan Wastukencana No.1

Gereja ini punya perimeter pohon yang bagus dan kelihatan oke banget kalo dilihat dari seberang jalan. Saya sendiri belum pernah masuk ke dalam dan kemarin baru sadar ternyata masih ada bangunan yang cukup besar di belakang gereja. Selama ini terlalu terpukau melihat bagian depannya saja sih ;p


Gereja Bethel

saya suka paduan pohon dan gereja ini dari samping :D

detail pintu gereja

#041 Kantor Pemkot Bandung
Jalan Wastukencana No.2

Sejak Pak Emil naik jadi walikota, area kantor pemkot jadi super rapi. Bangunan luar sih tetap seperti dulu, walaupun sekarang sebel banget kalau foto jadi ada background hotel yang mengganggu. Area taman di sekitar patung badak ikut dipercantik. Oiya, di sebelah gedung kantor walikota juga ada Bandung Command Center yang ternyata gak bisa dimasuki oleh umum. Saya kira boleh untuk umum, soalnya begitu digembor-gemborkan di twitter. Tapi akhirnya setelah merayu yang jaga, saya sempat mengintip sedikit ruangannya, walaupun tidak diizinkan mengambil foto.

Kantor Pemkot Bandung

taman baru di samping kantor walikota

fitur kolam ikan di depan kantor walikota 

#042 SMK 1 Bandung
Jalan Wastukencana No. 3

Kalau masuk dari gerbang depan, maka akan terlihat sepotong bangunan yang berdiri di depan lapangan SMK ini. Sepertinya sih bangunan ini yang tergolong sebagai cagar budaya.

SMK 1 Bandung

#043 Toko De Zon
Jalan Asia Afrika No. 39

Toko ini masih sama seperti gambar-gambar lama yang tersebar di Google. Sewaktu saya datang ke sini, tokonya masih belum buka. Sebenarnya dia toko apa ya?

Toko De Zon

#044 Centre Point
Jalan Braga No. 177

Centre Point ini salah satu contoh bangunan sudut yang menarik karena seperti penutup dari pemandangan setelah melewati Jalan Braga. Eh, tapi itu menurut saya aja sih :)))

Centre Point

#045 Landmark
Jalan Braga No.31

Siapa yang gak kenal bangunan ini? minimal pasti pernah dengar kalau tempat ini sering dijadikan tempat pameran komputer, buku sampai tempat wawancara kerja. Setelah diperhatikan, detail muka bangunannya cantik juga ya?

Landmark

detail bangunan landmark

#046 Gedung Ex. Departemen Tenaga Kerja
Jalan Wastukencana No. 26

Ini dia bangunan yang paling ajaib. Kenapa ajaib? Soalnya saya baru nemu bangunan ini setelah tiga kali bolak-balik lewat di depannya. Saya sempat curiga kalau bangunan yang dimaksud adalah bangunan pojok di belokan menuju Jalan Riau, tapi kok pas lewat depannya tulisan plangnya kok masuk Jalan Riau? Padahal di data tertulis Jalan Wastukencana No. 26. Terus dimana dong bangunannya? Akhirnya saya menemukan pagar dengan tulisan nomor 26 dan ternyata bangunannya adalah bangunan yang sama dengan bangunan yang saya curigai tadi. Jadi, bangunannya bener yang ini apa bukan?

(sepertinya sih) Gedung Ex. Departemen Tenaga Kerja

nomor 26nya ada di pagar ini, berarti bangunan di atas itu kan yang termasuk cagar budaya?

#047 Gedung Perpustakaan Unpar
Jalan Aceh

Gedung ini ada di pojokan perempatan sebelum Balaikota, kalau kita jalan dari arah Jalan Dago. Fungsinya apa masih sebagai perpustakaan? Kenapa semua jendelanya ditutup gorden?

Gedung Perpustakaan Unpar

muka bangunan dari balik pagar

#048 Masjid Cipaganti
Jalan Cipaganti

Saya kemarin hanya sempat memfoto bagian luar saja dan makan mie ayam di depannya (enak lho!) Lain kali deh saya sempatkan buat masuk ke dalamnya *dasar arsitek durhaka*

Masjid Cipaganti

bagian muka bangunan masjid

selasar masjid

#049 Gereja Baptis
Jalan Wastukencana No. 40 - 42

Saya paling suka bentuk atap kecil di atas gereja ini. Dari semua objek, cuma gereja ini yang paling ribet karena saya sampai diminta ktp gara-gara foto luar bangunan, padahal sama pak satpamnya udah dikasih izin :p

Gereja Baptis
#050 Gereja Pasundan
Jalan Kebonjati No.108

Saya salah banget datang waktu sedang libur keagamaan. Jadi yang terfoto kebanyakan bagian atas mobil dengan latar belakang gereja :))

Gereja Pasundan

Hokeh! Capek juga ya nulis tentang cagar budaya ini, padahal baru juga setengahnya. Setengah lagi berjumpa di postingan berikutnya ya! :D

18 comments:

  1. Nge-fans banget sama SD gueee? :))
    Eh, SMA 3 kenapa nggak dimasukin? Hahahaha.
    Eniwei, lo yang moto jadi cantik2 amat deh ini bangunan. Cuma pabeulit itu si kabel2an. :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. weiittssss.. tunggu sma3 di episode berikutnya! :p
      emang bagus-bagus tau, cuma ya.. begitulah :)))

      Delete
    2. Apakah Anda membutuhkan pinjaman? Apakah Anda dalam krisis keuangan atau butuh uang
      memulai bisnis Anda sendiri? Apakah Anda perlu pinjaman untuk melunasi utang Anda atau membayar
      tagihan Anda atau memulai bisnis yang bagus? Anda memiliki nilai kredit yang rendah dan
      Anda kesulitan untuk mendapatkan pinjaman modal dari bank lokal dan
      lembaga keuangan lainnya? Inilah kesempatan Anda untuk mendapatkan pinjaman dari
      Organisasi kami. Kami menawarkan pinjaman kepada individu untuk hal-hal berikut
      tujuan dan banyak lagi. Pinjaman Pribadi, Ekspansi Bisnis, Bisnis
      Start-up, Pendidikan, Konsolidasi Utang, Pinjaman Uang Keras. Kami menawarkan
      pinjaman dengan suku bunga rendah 3%. Hubungi kami hari ini melalui email:
      financial_creditloan@outlook.com

      Delete
  2. KEREN BAAAANGEEEET <3 Btw kak izin fotonya aku kutip buat slidshow dan skripsi tugas akhir boleh yaaa :))

    Thanks before

    ReplyDelete
  3. Mbak, blog ini sangat membantu saya mencari bangunan2 tersebut untuk tugas saya yang sedang membahas bangunan cagar budaya di Bandung. Izin ambil beberapa foto untuk referensi ya (karena beberapa tidak bisa difoto sebagus yg Mbak foto hehe). Terimakasih banyak!

    ReplyDelete
  4. Halo mbak, salam kenal :D Nggak sengaja nyasar masuk ke blog ini, dan sumpah keren bangetttt :D :D :D Saya tau sih di Bandung ada banyak cagar budaya, tapi baru nyadar klo ternyata sebanyak ini. Padahal segini teh udah banyak yg hilang ya :(

    Btw mbak, mau tanya.. Di Bandung apakah ada komunitas pecinta bangunan cagar budaya? Sudah lama pgn ngobrol2 tentang bangunan cagar budaya, tapi belum tersalurkan aja nih, hehe.. :D Many thanks before ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo, yang saya tahu sih ada bandung heritage atau komunitas aleut, bisa ngobrol sama mereka via twitter :D

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Halo kak salam kenal. Makasih banyak buat blognya yah, sangat membantu saya dalam mengerjakan tugas kuliah. Btw mau tanya kak, yang perumahan dosen UPI itu kan ada 4 nomor (Perumahan Dosen UPI, Jln. Setiabudi No. 211, 219, 225, 240), nah foto yang ada di blog ini salah satunya ya kak? Apakah kakak tau yg itu nomor berapa? Thanks before ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm..harusnya sih yg di foto ini termasuk 4nomor itu, soalnya waktu saya ngobrol sama penjaganya, dia bilang 4unit itu termasuk cagar budaya, makanya dipertahankan

      Delete
    2. Halo Kak, tahun lalu saya sempat melakukan penelitian mengenai perumahan dosen UPI ini. Ternyata bangunan rumah no. 211 dan 219 adalah yg skrg menjadi penginapan Isola Heritage Resort, sedangkan bangunan rumah no. 225 menjadi markas resimen mahasiswa UPI. Nah yg menjadi misteri adalah bangunan no. 240 yang sampai skrg jg belum saya temui, kata penjaganya sih sudah di luar kompleks UPI, tapi gak tahu yg mana. Just for your information :)

      Delete
    3. hoooo. terima kasih infonya! udah lama bgt gak buka blog sendiri :)))

      Delete
  7. Wah, ada bagi-bagi foto putaran KAA ini. terima kasih kak sentot. panjaaaang dan laamaaa, hehee, Jadi kapan Edinburgh kak?

    ReplyDelete
  8. nyari nyari materi tugas tentang cagar budaya yg direnovasu, eh nyasar kesini. makin ke bawah makin kereeeennn cyumphaahh hihihi ^^ makasih ya ini sumpah keren banger

    ReplyDelete
  9. Apakah Anda membutuhkan pinjaman? Apakah Anda dalam krisis keuangan atau butuh uang
    memulai bisnis Anda sendiri? Apakah Anda perlu pinjaman untuk melunasi utang Anda atau membayar
    tagihan Anda atau memulai bisnis yang bagus? Anda memiliki nilai kredit yang rendah dan
    Anda kesulitan untuk mendapatkan pinjaman modal dari bank lokal dan
    lembaga keuangan lainnya? Inilah kesempatan Anda untuk mendapatkan pinjaman dari
    Organisasi kami. Kami menawarkan pinjaman kepada individu untuk hal-hal berikut
    tujuan dan banyak lagi. Pinjaman Pribadi, Ekspansi Bisnis, Bisnis
    Start-up, Pendidikan, Konsolidasi Utang, Pinjaman Uang Keras. Kami menawarkan
    pinjaman dengan suku bunga rendah 3%. Hubungi kami hari ini melalui email:
    financial_creditloan@outlook.com

    ReplyDelete