19 Feb 2016

Ekspedisi Indonesia Biru: Kasepuhan Ciptagelar

Saya masih ingat ketika bulan Januari 2015 pertama kali mendengar nama Ekspedisi Indonesia Biru. Targetnya luar biasa besar, mengelilingi Indonesia dalam satu tahun hanya dengan dua orang berkendara motor. Saya tahu ekspedisi ini awalnya dari twitter dan mulai ngikutin video perjalanan mereka di youtube. Gambarnya gak tanggung-tanggung. Bagus banget! Apalagi dibantu sama gambar dari drone, kumplitlah itu semua :D Seneng banget bisa melihat cantiknya Indonesia dari atas, huhuhu, sirik maksimal pengen ke tempat-tempat yang mereka datangi.

Dua bulan yang lalu (iya tahu, lama banget baru nulis sekarang) saya akhirnya melihat film pendek yang mereka buat tentang Kasepuhan Ciptagelar. Nama Ciptagelar ini sudah pernah saya dengar ketika saya kerja di salah satu konsultan pariwisata di Bandung. Yang saya tahu tentang Ciptagelar ini adalah datanya masih sedikit karena tempatnya jauh dan akses jalannya jelek. Tapi semua itu berubah ketika melihat video ini... jeng..jeng...

Pas ngeliat video ini saya langsung bengong.

Ternyata hidup mereka modern banget! Ya jangan dibayangin hidup yang kaya di zaman anaknya nobita ya, tapi secara pemikiran mereka jauh lebih modern daripada saya yang katanya hidup di kota ini. Gak cuma itu, lebih hebatnya lagi mereka ternyata masih bisa mempertahankan nilai tradisi yang ada! *KEPROK PRAMUKA*

Saya langsung tertohok waktu Abah Ugi (usianya cuma beda setahun sama saya) bilang kalau dia sekolah ke luar Ciptagelar dan kembali lagi ke desanya buat bikin antena pemancar televisi di Ciptagelar. Duh, malu banget, saya belum punya hal yang bisa dibanggain kaya Abah Ugi (padahal katanya lulusan dari tempat terbaik bangsa.hiks) Gak cuma itu, mereka keliatan banget sayang sama kampungnya. Lingkungannya dijaga sampai bersih banget, bahkan mereka membanggakan channel tv buatan mereka sendiri yang beritanya seputar kejadian di kampung mereka. Jadi inget niko-niko tv di News No Onna, ayo siapa yang dulu suka nonton juga? Pokoknya masih banyak deh hal yang bikin saya kagum tentang kehidupan warga di Ciptagelar ini. Sangat-sangat-sangat-amat-sangat direkomendasikan deh nonton video ini! Gak akan nyesel deh. Semoga suatu saat saya bisa main-main ke sana dan belajar dari mereka :D


No comments:

Post a Comment