4 Nov 2014

City Bike in Bandung

Jiehh.. Judulnya sok keren banget, padahal sebenarnya cuma nyobain naik sepeda ke rumah mertua doang :p Jadi, kemarin semua moda transportasi di rumah lagi dipakai semua dan udah skip lari 4hari. Akhirnya mikir, kenapa gak cobain aja ya naik sepeda? Sekalian olahraga :D Kalau liat di googlemaps jaraknya kayanya berkisar 4km. Sepeda yang dipakai juga performanya masih bagus :D Sebelum berangkat tidak lupa mengaktifkan runkeeper biar bisa ngukur jarak sama waktunya.. dan ternyata jarak yang ditempuh 5,2km! 

bukti sah melewati badai pasir! :))

Ada yang bilang olahraga tuh sebenarnya adalah ajang kontemplasi buat diri sendiri. Nah, selama naik sepeda ini buaaanyak banget hal yang saya pikirin kaya beberapa pertanyaan di bawah ini:

"lambat banget ya naik sepeda?"
Karena udah kebiasaan naik motor, jadi begitu jalanan agak kosong kita kan bisa ngebut dikit tuh, kalau pakai sepeda bisa juga sih, tapi berimbas pada paha yang makin panas karena harus gowes lebih cepet. Hal yang bikin berat salah satunya adalah bawa ransel laptop, jadi waktu badan agak bungkuk mau cepet ngayuh, punggung jadi agak gak enak karena ada beban tas. Jadi kalau memang berniat bersepeda dalam kota sebaiknya bawaannya minim, ditaruh di stang atau titip mang ojek aja #lah

"loh kok makin susah ngayuhnya sih?"
Nah ini dia! Dengan naik sepeda kita bisa lebih aware sama kontur jalan. Jalanan datar yang biasa dilewatin asyik banget sama motor ternyata gak bernasib sama dengan sepeda. Waktu di depan tvri tuh kerasa banget rasanya kok gak nyampe-nyampe dan mulai eungap. Penyebabnya ya tidak lain tidak bukan karena tanjakan tak kasat mata :))

"buset panas banget, aduh... itu debu muncul darimana?"
Sama kaya naik motor, panas dan debu emang jadi musuh utama (apalagi kalo hujan, langsung bubar jalan!) Kalo mau sih pake topi sama masker, tapi kalo pake masker kok kaya heboh banget ya? Mau kemana atuh neng! :)) kalo gak mau pake masker mungkin bisa bersepeda pas jam gak banyak kendaraan kaya subuh-subuh atau tengah malem.

"orang pemda nih pada kemana sih?"
Ini murni curahan hati dari orang yg baru naik sepeda ke jalan raya setelah sekian lama. Banyak banget stiker lubang 3d bertebaran di sepanjang perjalanan. Bikin bahaya banget dan paling ngeri kalau kena kombinasi kerikil sama pasir, udah debunya kemana-mana dapet bonus getaran pula. Seempuk-empuknya jok sepeda ya kalau kena bolongan jalan ya pantat tetap cenat-cenut!

"kok gak ada lagi sih yang pake sepeda?"
Perlu diakui bahwa yang pake sepeda di jalan raya itu jumlahnya dikiiittt banget, kerasa banget minoritasnya! Mau gak mau ya harus ngalah sama motor atau mobil. Jalur paling aman ya meper di sebelah kiri aja terus sepanjang perjalanan. Yang paling gak enak adalah kalau harus belok kanan, ngeri-ngeri sedap bayanginnya. Apalagi sepeda gak ada kaca spion, jadi skill antara ngatur kecepatan belok dan nikung harus disertai dengan tengokan super cepat ke arah belakang sepeda. Tujuannya adalah tak lain dan tak bukan biar gak ketabrak sama mobil atau motor yg jalan di belakang kita (ya ampun, amit-amit kalau sampai kejadian,hhiiii..)

Ya kurang lebih begitulah pengalaman bersepeda di jalan raya. Super salut sama orang yang konsisten buat naik sepeda ke tempat kerjanya, apalagi kalau tempat kerjanya di Bandung Utara sana, kalau saya sih udah gempor duluan ngebayanginnya :)) Tapi sebenarnya saya masih menunggu Bandung ramah dengan sepeda, karena sepeda itu transportasi paling irit duit dan irit polusi (masih ada polusi bau badan kalo nyepedanya kelamaan :p ) 

Bandung sebenarnya sudah punya rental sepeda, sayang masih cuma di beberapa titik kecil di utara sana yang masih aktif. Selain itu, saya takut naik sepedanya soalnya rasa sepedanya ogleg kaya mau copot bannya :)) mungkin nanti ada yang bisa sampaikan ke Pak Emil buat memperbagus kualitas sepedanya. Saya pernah punya impian kalau spot rental sepeda ini dibuat menyebar se-Bandung. Prinsipnya bisa pakai preseden dari rental sepeda di Jerman yang memakai kunci berpassword. Setiap peminjaman sepeda terhubung dengan rekening bank sehingga bisa langsung ter-auto debet. Mudah-mudahan bisa terwujud ya! :D 

Tapiii.. selain sistemnya, menurut saya sih lebih penting lagi fasilitas kamar mandi di setiap spot rental (spot rentalnya jangan ngebayangin sekecil yang sekarang ya) karena permasalahan utama pada pesepeda adalah... keringetan dan bau matahari begitu sampai tujuan! Dengan adanya tempat mandi ini akan menolong para pesepeda agar tetap kinclong dan wangi ketika sampai kantor. Kalau ide ini dianggap riweuh, ya bikin saja peraturan untuk menyediakan kamar mandi buat karyawan yang bersepeda ke kantor (seenaknya banget lu, tot!)

Udah ah, pembahasan ini kalau diterusin pasti gak ada ujungnya. Mari doakan Bandung bisa bebas debu dan jalan mulus dalam 5 tahun ke depan. Kalian ada yang sering bersepeda jugakah? Cerita-cerita dong! :)

No comments:

Post a Comment