15 May 2010

Pak Miko Sensus























Tadi siang, rumah saya didatangi petugas sensus. Namanya Pak Miko, katanya, si Bapak sudah keliling-keliling 4 blok di perumahan saya. Nah, ternyata lembaran sensus yang diisi lumayan banyak ya? katanya 1orang 1 lembar. berarti kalo anaknya 20 ngabisin 20 lembar,hehehehehe..

Saya kira tadinya rumah saya sudah disensus, karena di rumah saya sudah ditempeli stiker sensus. Ternyata, petugas sensusnya memang datang dua kali. Yang pertama hanya untuk menempelkan stiker dan mendata jumlah orang. Yang kedua untuk mendetailkan dengan cara mengisi form sensus sesuai dengan kartu keluarga. Kenapa gak sekali aja ya?kan lebih hemat waktu?














Iseng-iseng saya tanya,

“Kalau yang tunawisma gitu, disensusnya gimana,pak?”

“Oh,kalau itu mah bareng-bareng neng.Oh,iya sekarang tanggal berapa,neng?”

“15 pak”

“Nah, berarti sekarang neng,tanggal 15 buat yang kaya mereka mah. Gelandangan atau pengamen sekarang lagi pada disensus langsung di jalan. Pasti sekarang lagi rame di Alun-alun. Jangan2 pada kabur ya dikiranya mau ditangkep,hehehehe”

“Hahaha,iya,pak,meureun dikira trantib!berarti dari tanggal 1 nyensus dong pak tiap hari?”

“iya neng, ini udah dari blok J sampe blok O. Tapi masih harus bolak-balik lagi soalnya suka pada gak ada orangnya”

“Iya sih,pak. Pasti pada pergi-pergi. Apalagi libur kaya gini. Emang sehari dapet berapa rumah,pak?”

“Yaahh..paling banyak cuma 15 rumah neng. Makanya nih, padahal tanggal 31 harus udah beres. Tapi masih banyak banget rumah yang belum didata.”

” Waduh,susah juga ya,pak.hehehe”

….

“Pak, kalo petugas sensus itu sukarelawan apa gimana?

“Iyalah neng, sukarelawan. Tapi katanya dapet honor. Tapi saya juga masih gak tahu honornya berapa..”

“Memangnya sebelum jadi petugas sensus, bapak kerja dimana?”

“Cuma di pabrik,neng..” *sambil tersenyum malu*

Entah kenapa, saya kok jadi merasa iba ya? Sukarelawan, belum tahu digaji berapa, tapi harus kerja tiap hari ngedata rumah yang belum tentu penghuninya ada.

Jadi.. kalau nanti rumah kalian didatangi petugas sensus, sisihkanlah waktu sedikit saja untuk mereka. Gak lama kok, mereka cuma butuh kartu keluarga untuk disalin beberapa datanya di form sensus. Ya, sama nanya2 sedikit.

“kerjanya jadi apa?”

“dimana?”

“kalo yang ini masih kuliah apa sudah kerja?”

Cuma begitu saja kok. Saya banyak membaca tulisan mengenai protes orang-orang tentang sensus ini. Ada yang bilang salah sistemlah,gak benerlah dan sebagainya. Sudahlah, ini bukan waktunya ngeyel-ngeyel, bekerjasamalah sedikit. contohnya ya dengan membantu petugas sensus barusan. Mereka kan cuma menjalankan. Ya sudah sepantasnya dibantu. Betul tidak? *gaya Aa gym*

No comments:

Post a Comment