7 Jan 2015

kilas balik tahun 2014

Sudah tahun 2015! Gila, kerasa cepet banget ya tahun 2014, padahal gak punya kerjaan selain jadi istri :p Walaupun ada beberapa hal yang mengecewakan di tahun ini, tapi banyak juga hal baru yang dialami di tahun ini. Kayanya asyik juga kalau saya review apa yang sudah terjadi di tahun ini. Awas, scrollnya pasti capek saking panjangnya tulisan ini :)))

Mulai Menulis Blog Lagi
Saya sudah punya blog dari tahun 2010, tapi tiap tahun isinya cuma serpihan debu :p Akhirnya karena bingung mau ngapain, yaudah saya mulai nulis-nulis lagi disini. Senang juga karena edisi playlist minggu ini sudah sampai 20edisi. Yeeayy! Sebenarnya masih banyak tema tulisan yang akan muncul di blog ini. Tunggu tanggal mainnya ya :D

Eksperimen Masak
Karena demi pengiritan duit dan kangen masakan indonesia, akhirnya saya banyak menghabiskan waktu memasak di rumah. Tadinya mau coba-coba masak ala Jamie Oliver, tapi dasar emang jiwa mbok-mbok, saya gak bakat bikin masakan ala-ala barat. Saya kayanya memang cocoknya sama lidah indonesia, masakan yang dibuat pun tak jauh dari tempe penyet atau gule singkong :p Terimakasih kepada westhi dan mithul yang sudah memberikan kado buku resep Sisca Soewitomo, sangat-amat-berguna-banget! :D

sup ayam jahe

tempe penyet

lumpia kembang tahu! andai harga kembang tahu murah mungkin udah beli ini tiap hari :p

Diet Mayo
Gara-gara yayi membuat katering diet mayo, saya juga jadi penasaran mau coba rasanya ikut diet mayo. Semua orang pasti terlena kan dengan iming-iming bisa mengurangi berat badan dalam waktu 2 minggu? hahahaha, ayo ngaku! Setelah ngobral-ngobrol sama yayi -yang dulu belum sibuk- akhirnya dia mengusulkan untuk buat sendiri menunya, bahan-bahannya ada kok di internet. Akhirnya saya coba dan bertahan...cuma 5 hari :p Bukan karena gak kuat kok *alasan* tapi karena di 2 hari terakhir tekanan darah saya menjadi rendah, terutama ketika malam sebelum tidur. Akhirnya dengan terpaksa *atau malah lega?* saya berhentikan dietnya. Selama diet, sebenarnya saya tidak terlalu lapar, karena porsi makanan sebenarnya lumayan banyak. Masalahnya adalah di..rasanya hambar, makanya tiap makanan saya tambahi bumbu seperti merica atau oregano dan itu lumayan membantu loh :p Oiya, dari 5 hari itu memang badan jadi lebih ringan dan lingkar perut mengecil sedikit. Ada yang berani coba dietnya?

lumayan banyak kan porsinya?

kebayang gak sih kalau gak dikasih bumbu lagi rasanya sehambar apa coba :p

waktu dapet minum ini rasanya surga dunia banget :D

Bikram Yoga
Saya dan suami memutuskan untuk mendaftar ikut bikram yoga. Alasan di balik ikut yoga ini adalah adanya program promo selama seminggu. Dasar pasangan oportumis, akhirnya kami ikut bikram yoga ini. Bedanya bikram yoga ini dengan yoga biasa adalah yoga dilakukan di ruangan yang sudah diset dengan suhu yang panas. Fungsinya adalah agar badan langsung menjadi panas dan lebih mudah mengikuti gerakan yoga. Wuihhh, awalnya berat sekali, rasanya kaya mual dan mau muntah karena gak terbiasa dengan suhu yang panas. Tapi setelah ikut 3x badan sudah mulai terbiasa dan setiap akhir sesi rasanya badan ennaaakkk banget, apalagi sabun dan shampo yang disediain wanginya enak *lah* 

ini pin absen setiap peserta, semoga tahun ini bisa ikut lagi :D

Kuliner Makanan (mungkin sih) Halal di Singapura
Selama di sini, saya sudah coba beberapa makanan yang halal dan kemungkinan besar halal di sini, hahahahaha, pokoknya selama tidak ada babi dan alkohol ya saya masih bisa makan :p Makanan disini rasanya tidak sekuat di Indonesia, tapi cukup enak juga lama-lama *apa karena terbiasa ya* Senang juga berkesempatan untuk mencoba beberapa makanan yang ditandai dengan label "die-die-must-try" yang artinya wajib coba di sini! Asyiknya sih saya buat postingan sendiri ya buat referensi saya sendiri kalau lapar :p

Laksa Singapura - Qiji


Bagus Yong Tau Fu


Oyster Omellete - Singapore Flyer


Penemuan Buku Bagus
Tahun ini adalah tahun saya mulai aktif membaca buku lagi. Bahkan saya akhirnya berhasil membaca novel berbahasa inggris sampai selesai! Untuk saya yang ndeso bahasa asing ini sudah merupakan kemajuan yang patut dirayakan dengan segelas teh peng :p Buku bagus yang saya temukan kebanyakan berputar di komik dan novel. Saya termasuk penggemar komik sejak kecil. Setelah bertahun-tahun tidak mendapatkan judul komik yang menarik selain detektif conan, akhirnya saya menemukan lagi komik yang patut dikoleksi karena ceritanya yang berisi. Komik tersebut berjudul Happy! yang menceritakan tentang seekor anjing pemandu tuna netra. Dari komik ini, saya dapat pengetahuan tentang bagaimana kehidupan tuna netra. Gara-gara komik ini juga saya berminat untuk menjadi reader, sayang belum ada kesempatannya.

mata kecilnya yang membuat saya akhirnya membeli komik ini :D

Banyak juga novel yang bagus di tahun kemarin, salah satu yang terbaik menurut saya adalah Sabtu Bersama Bapak karya Adhitya Mulya. Saya sudah mengikuti Adhitya Mulya sejak novel Jomblo dan menurut saya inilah novel terbaik dia. Cerita tentang hubungan ayah-anak menjadi fokus dalam novel ini. Kerinduan saya akan kelucuan dan keromantisan seorang Gege akhirnya muncul kembali di novel ini. Adhitya Mulya juga menutup novel ini dengan amat-sangat-apik.

*abaikan latar belakang yang berantakan itu* Novel Terbaik Tahun 2014!!

Selain dua buku di atas, masih banyak lagi buku yang bagus. Di bawah ini termasuk buku yang saya baca di tahun ini yang layak baca dan dikoleksi.

Oishinbo. Bagus untuk yang suka dan cinta dengan dunia makanan.

The Time Keeper. Bahasanya mengalir halus sekali sampai tidak terasa sudah tamat  :D

Gajah Mada. Alur ceritanya sedikit lambat tapi membuat deg-degan membaca setiap babnya! :D

Master Keaton. Komik favorit saya dari kecil akhirnya diterbitkan kembali!! *super terharu*

Film Makanan yang Epik
Selain menemukan banyak bacaan bagus di tahun ini, saya juga banyak menonton film bertema makanan. Menariknya, ternyata banyak sekali film bertema makanan dengan kemasan yang bagus, salah satunya adalah Jiro Dreams of Sushi. Film Jiro ini sebenarnya adalah film dokumenter. Semua scenenya berfokus pada kegiatan Jiro dalam mengelola restoran sushi miliknya. Banyak hal positif yang dapat diambil di film ini. Semangat pantang menyerah dan selalu ingin menampilkan yang terbaik menampar saya cukup keras ketika menonton film ini. Memang ya, orang Jepang patut diacungi jempol soal ketekunannya :D

Jiro Dreams of Sushi

Yang membuat saya senang adalah Indonesia mengeluarkan film Tabula Rasa! Saya bela-belain deh nonton film ini karena trailernya yang menjanjikan. Duuhh... saya gak tahan banget lihat makanan-makanan yang ada di filmnya. Sutradaranya pinter banget membuat penontonnya lapar mata akibat melihat santan, sambal merah, sambal hijau sama daging sapi dimana-mana :))) Walaupun inti ceritanya bukan di makanan, karakter pemainnya yang hanya 4 orang ini sangat kuat dalam membangun drama di film ini tanpa adegan ngomong di dalam hati, jambak-jambakan atau menangis meraung-raung.

Tabula Rasa

Pergi ke Batam
Akhirnya saya bisa juga menginjakkan kaki di tanah Indonesia yang paling dekat dengan Singapura. Sebenarnya saya ke Batam dalam rangka penasaran dan bisa dicapai dari Singapura dalam waktu kurang dari 2 jam. Begitu pertama sampai di sini lumayan juga ya, kotanya masih agak sepi dibandingkan di Bandung. Harga makanan pun sudah terhitung mahal, apa karena saya belinya di mall ya? Tapi lumayanlah bisa icip-icip gonggong yang terkenal di Batam itu *ngiler lagi* Ini pertama kalinya saya makan gonggong, agak geli gak sih waktu lihat di bawahnya mirip kaki kecoa? :)))

gonggong rebus

Pergi ke Jepang
Saya masih ingat dulu ketika kuliah tingkat 2 saya memilih mata kuliah seni dan arsitektur. Mata kuliah yang paling berkesan selama kuliah di jurusan arsitektur. Saya masih ingat betul kalau saya memilih bahasan bangunan Tadao Ando sebagai tugas akhir saya untuk mata kuliah tersebut. Ada satu karya Ando yang menurut saya keren banget, namanya Awaji Yumebutai. Saya sampai berkata kalau suatu saat saya akan datang ke sana dan hebatnya, keinginan saya ini terkabul! :D


hallo awaji yumebutai! :D

giilllaaaaa~ waktu saya disini rasanya kaya mimpi!


penasaran dalamnya kaya apa? tunggu postingan selanjutnya :p

akhirnya gak cuma lihat dari buku :)


Pergi ke Kepulauan Banda
Seperti yang pernah saya tulis di sini, ini adalah pengalaman pertama saya ke Indonesia Timur. Salah satu hal yang makin membuat saya mencintai Indonesia. Memang benar banget ya omongan orang soal bepergian ke banyak tempat akan makin membuka mata :) Pengalaman di Banda ini adalah pengalaman paling ekstrim di tahun kemarin karena banyak banget hal yang pertama kali saya lakukan seperti pertama kali tracking di gunung, pertama kali menyebrang laut banda dengan perahu kecil, pertama kali makan telur ikan dan banyak lagi! Kalau punya uang lagi saya mau kembali lagi ke Banda untuk memenuhi janji saya untuk diving disana :D


air lautnya sebening ini loh :D liat kan ikannya ada banyak banget?

pertama kalinya nyebrang pulau bukan pake ferry. sempet takut karena kebagian duduk di atas kaya bapak ini :))

pulau hatta, aslinya jauh lebih bagus daripada foto ini. serius!

paling enak emang kalau langit cerah. birunya laut bikin pengen nyebur!

Keliling Taman Tematik di Bandung
Akhirnya berkat suapan emas dari Astri, saya bisa keliling taman-taman baru di Bandung. Sebenarnya saya sudah punya niat ini dari lama, tapi memang uang bisa menggerakkan segalanya,hahahaha :p Ya walaupun saya banyak protes tentang beberapa kebijakan pemkot, saya rasa pembenahan taman ini merupakan langkah yang patut diapresiasi diluar memang masih banyak teknis yang bolong-bolong. Karena keterbatasan waktu dan cuaca yang sering hujan, saya tidak berhasil ke semua taman. Kesan pertama setelah berkeliling taman ini..ya...mmm...masih banyak kurangnya sih :)) Beberapa taman ada yang sedang diperbaiki, ya mudah-mudahan saja hasilnya bisa bagus.


taman cibeunying. taman yang selalu rame, mungkin karena banyak yang jual makanan  disitu :))

taman panatayudha. taman favorit saya karena bagian depannya terlihat terdesain walaupun daerah belakang becek abis :p

taman fotografi. waktu saya datang, tamannya sedang direnovasi :(

taman centrum. anak sma 5 makin seneng aja taman ini dibuat bagus, sma 3 gimana? *sirik..siriikk*

Lari 10 km
Saya bukan tipe orang yang suka olahraga, paling mentok pun saya cuma main bulutangkis. Nah, sejak saya menikahi orang yang suka lari dari kenyataan, akhirnya saya otomatis jadi ketularan, apalagi disini semua tempat juga bisa dijadikan jalur lari :p Dulu, lari keliling 3x sabuga aja udah ngos-ngosan, padahal itu baru 1km! Saya masih ingat, pertama kali lari paling jauh cuma 3km, dan itu juga larinya didampingi suami yang tiap saat ngomong ''good.looking good'' tiap saya kehabisan napas :D Akhirnya, saya nekat memutuskan buat ikut lomba 10km standard chartered karena nyari yang 5km gak ada! Hahahaha! 7 Desember resmi jadi hari pertama saya dapat medali lari :)


sukses makin hitam! :))

Kerjaan Menulis
Tahun kemarin juga jadi tahun resmi saya setahun tidak bekerja di konsultan. Email pun tidak ada yang berbalas baik, isinya cuma email tolakan :)) Yo wess.. mungkin memang disuruh ongkang-ongkang kaki dulu buat isi blog ini. Tapi di Bulan November kemarin saya dapat kerjaan menulis konten tentang video youtube yang menurut saya cocok banget sama hobi saya yang suka ngulik-ngulik youtube :D Semoga semakin banyak kerjaan lagi yang menghampiri saya di tahun ini! Amiinnn :D

Diary Laut
Sewaktu pulang dari Banda, saya  teringat dengan beberapa anak yang saya temui di sana. Karena keterbatasan listrik, hidup mereka jauh dengan televisi. Bagus sih, jadi mereka bisa fokus untuk bermain di luar rumah. Akhirnya, setiap sore saya iseng adakan jam menggambar dan mereka suka! Sayangnya disana jarang ada buku bacaan yang bisa mereka gunakan. Saya sempat menyesal kenapa tidak membawa buku bacaan untuk mereka. Sempat terlintas di pikiran saya untuk kembali lagi membawa buku untuk mereka. Eh! ternyata teman-teman saya sudah keduluan mewujudkan ide itu di Diary Laut. Bangga juga bisa ikut menggambar di buku yang mereka sebar di Desa Sawai. Semoga nanti bisa bikin diary laut untuk Banda juga ya! :D


gambarnya masih abal-abal dibandingkan kontributor lain :p

Berlibur Sebentar di Malaka
Liburan tahun kemarin akhirnya ditutup dengan singgah ke Malaka. Akhirnya saya pergi juga ke tempat yang namanya sering disebut-sebut di buku sejarah. Kesan pertama waktu lihat Malaka adalah baaguuuusssss tapi susah buat cari makanan halal :p Ternyata kios-kios makanan halal letaknya jarang ada yang dekat dengan sumber keramaian di sekitar Jonker Street, jadi setiap mencari makan harus keluar dulu ke area di depan Menara Taming Sari. Ketika malampun, wisata di Malaka berubah menjadi wisata hujan dan semua orang jadi memakai jas hujan plastik 2RM :)) Tapi secara keseluruhan, bangunannya cantik semua :)


baru datang disambut langit biru cerah panas mentereng xp

salah satu atraksi di pinggir sungai, tapi ternyata tidak berputar

spot bangunan merah khas malaka

cerah hanya sementara. sisanya hujan terus :))

Wuuihhhh...akhirnya selesai juga menulis review tahun kemarin. Ternyata banyak juga yang sudah dilakukan. Semoga tahun ini bisa banyak kegiatan dan bisa ke Edinburgh! Aamiiinn! Ayo berjuang,2015! Kita pasti bisa bersenang-senang! :D

1 comment:

  1. Mas/mba mau tanya beli buku oishinbo dimana? Di gramed atau di beli di luar? Please respon ya mba mas, lagi nyari komik itu soalnya

    ReplyDelete